Actions

Talk

Main Page

From Katigapedia - Health Safety Wiki

Pengertian Risiko (Menurut ISO 31000:2018)[edit | edit source]

ISO 31000: 2018, mendefinisikan risiko sebagai “the effect of uncertainty on an organization’s ability to meet its objectives”. Artinya Risiko adalah EFEK KETIDAKPASTIAN pada kemampuan organisasi untuk mencapai TUJUAN.

Ada tiga Poin utama dalam definisi baru tersebut:

1.Efek, efek yang dimaksud pada poin ini adalah penyimpangan dari apa yang diharapkan, bisa positif atau negatif. Risiko terkait keselamatan kerja umumnya bersifat negatif. 2.Ketidakpastian, ketidakpastian pada poin ini adalah kurangnya informasi atau pengetahuan tentang suatu peristiwa, kemungkinan/probability atau konsekuensinya/keparahan 3.Tujuan, suatu aktivitas hanya dilakukan untuk mencapai suatu tujuan. Tujuan dapat berupa keuangan, kesehatan dan keselamatan, tujuan lingkungan. Sehingga, definisi ini menyebabkan transparansi dalam diskusi dengan pemangku kepentingan karena tujuan dibuat eksplisit/tegas/tersurat.

Probabilitas/Kemungkinan yang dimaksud dalam definisi tersebut mempertimbangkan faktor-faktor:- Sejarah kejadian


- Frekuensi paparan bahaya - Frekuensi aktivitas - Durasi aktivitas - Kompetensi pekerja - Eksisting control - Kepatuhan akan hukum - Kondisi lingkungan, dll.

Sedangkan Konsekuensi mempertimbangkan dampak terhadap:- Manusia


- Aset - Lingkungan - Operasional - Bisnis - Konsekuensi hukum



Referensi: ISO 31000:2018, Risk management – Guidelines Marsden, Eric. 2016. The ISO 31000 standard on risk management: principles and guidelines